Nov 7, 2011

Sibling rivalry

Sibling rivalry adalah kecemburuan , persaingan, dan pertengkaran antarsaudara sekandung. Hal ini pada keluarga dengan orangtua yang mempunyai dua anak atau lebih. Kompetisi ini dilakukan untuk mendapatkan cinta kasih , afeksi, pengakuan, dan perhatian salah satu atau kedua orangtuanya.
Menurut Zolten dan Long dari Departement of Pediatrics, Universitas of Arkansas for Medical Sciences (1997), persaingan antarsaudara adalah fakta kehidupan dan sebernya merupakan normal untuk hidup sehat. Akan selalu ada perbedaan pendapat di antara saudar kandung. Sebenarnya, orangtua dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan anak-anak mengenai cara-cara untuk menyelesaikan konflik, belajar bekerja sama dan bernegoisasi, suatu kompetensi yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang di kemudian hari.
Jadi, persaingan antarsaudara memiliki sisi positif juga. Mereka mungkin akan tumbuh menjadi lebih toleran dan murah hati terhadap orang lain. Hanya saja, tigkat keparahan dan frekuensi persaingan antarsaudara memang bergantung pada banyak hal, termasuk perbedaan usia, kepribadian, usia  anak-anak dan bagaimana pertengkaran ditangani orangtua. Persaingan antarsaudara juga dapat terus berlangsung sampai dewasa.
------
Sumber :  KOMPAS, minggu 20 Februari 2011

No comments:

Post a Comment